Saturday, February 28, 2009

HUKUM POLIGAMI...?


Jadi seseorang yang ingin mengharap rahmat, kedatangan hari akhir, mendapat kasih sayang dan diampuni dosa - dosanya tentu harus melakukan, menjalankan, mengerjakan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW salah satunya adalah menikah lebih dari satu (poligami). Satu di antara tujuan Islam yang harus dipahami setiap muslim adalah, bahwa agama merupakan solusi bagi setiap problema kemanusiaan. Sebagaimana firman Allah SWT : 
" ... demikianlah kami jadikan Al-Qur'an merupakan solusi dan rahmat bagi seluruh alam " ( QS Al-Isra / 17:18) 

Adalah satu stereotype yang dijadikan wacana dalam mendiskreditkan Islam, adalah isu gender. Dinyatakan bahwa Islam tidak adil terhadap wanita, disamping track record dalam masyarakat (muslim) , dimana beristri lebih satu identik dengan ketidakadilan, dan kesewenangan - wenangan pihak pria terhadap wanita. 

Mendudukan masalah beristri lebih dari satu secara pro-posional merupakan upaya meluruskan pengertian dan salah faham terhadap Islam selama ini. Terutama mengenai ayat :
"... maka nikahilah (kawini-lah) wanita-wanita yang kamu senangi, dua, tiga, atau empat..." (QS AN - Nisa' / 4 : 3) "... maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah, tetaplah atas fitrah Allah ..." (QS Al-Rum / 30:30)
"Islam adalah agama fithrah. Maka fithrah manusia pasti akan sejalan dengan Islam, di antara fithrah penciptaan manusia (laki - laki) dijadikan indah dalam pandangan manusia kecintaan wanitanya ..." (QS Al-Imran : 14) 


Dalam sejarah peradaban manusia, hancur dan majunya suatu peradaban ditentukan oleh wanitanya, sebagiamna peringatan yang disampaikan oleh Rasullulloh SAW :
"Hati-hatilah terhadap fitrah wanita, karena umat terdahulu hancur karena wanita" 
Artinya, ketika tidak ada solusi yang adil mengenai permasalahan wanita, maka tunggulah kehancuran suatu bangsa / umat. 


Maka dalam Islam, kedudukan wanita dan pria seperti sepasang sayap bagi seekor burung. Burung tidak akan mampu terbang tinggi jika hanya memiliki satu sayap. Maka peradaban juga tidak akan tinggi jika mengenyampingkan peran wanita. Islam menempatkan wanita pada posisi terhormat. Bahkan Allah tidak membedakan amal seorang wanita dengan seorang pria : 

"... sesungguhnya aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal diantara kamu, baik laki-laki maupun perempuan ..." (QS Al- Imran / 3 : 195) 

Tetapi tidak dipungkiri bahwa memang pada umumnya, fitrah (kecenderungan) laki -laki dalam memenuhi tuntunan biologisnya adalah memiliki lebih dari satu istri. Pada sisi lain, kecenderungan wanita dalam memenuhi tuntunan biologisnya, hanya kepada satu suami. Lalu bagaimana menggabungkan dua perbedaan yang sangat diametral ini? disini Islam memberi solusinya. 


Hal lain yng perlu di fahami, bahwa hampir semua ibadah dalam Islam memiliki implikasi langsung dengan sosial kemasyarakatan. Demikian juga pernikahan. Kaum laki - laki dalam menjalankan tugas sosial kemasyarakatan sangat tidak mungkin mau (bisa) apabila tidak mempunyai kecenderungan memiliki lebih dari satu istri (fitrah laki - laki itu sebagai motifasi untuk supaya mau menjalankan tugas). Pertanyaannya kenapa fitrah wanita itu cemburu dan menolak ? tapi MENERIMA juga fitrah wanita, beda dengan laki - laki cemburu tetapi tetap tidak menerima, maka tidak ada ajaran poliandri dalam Islam. Jadi keiklasan wanita itu berawal dari keterpaksaan. Maka laki -laki apabila beristri satu sulit untuk merasakan ketentraman dalam berumah tangga.
Allah telah berfirman dalam Al - Qur'an surat Ar-Rum 21 yang artinya:
" Dan diantara tanda - tanda kekuasaan-Nya ialah dia menciptakan untukmu ISTRI - ISTRI dari jenismu sendiri, supaya kamu CENDERUNG dan MERASA TENTERAM kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar - benar terdapat tanda -tanda bagi orang - orang yang mengetahui " (QS Ar- Rum :30 / 21)

Jika kita lihat sepanjang peradaban manusia, jumlah wanita selalu lebih banyak dari laki-laki. Ini adalah sunatullah. Artinya poligami itu HAK dan KEBUTUHAN kaum wanita itu sendiri. Laki-laki yang mampu dan berani jadi pemimpin yang adil berkewajiban untuk menjalankan tugas keshalehan sosial yang berat yaitu berbagi kepemimpinan 

Dalam sebuah hadist disebutkan, Anas bin malik berkata : Aku akan sampaikan hadist yang tidak disampaikan oleh siapapun setelahku bahwa aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: " salah satu tanda terjadinya kiamat adalah sedikitnya ilmu , tersebarnya kebodohan dan perzinahan, banyaknya jumlah wanita dan sedikitnya laki-laki sehingga 50 wanita ditanggung oleh seorang laki -laki " (HR. Bukhari) 

Dalam hadist lain dari Abu Musa ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, " Akan datang kepada manusia suatu masa ketika seseorang berkeliling menawarkan sedekah dari emas, tapi dia tidak menemukan seorangpun yang mau menerimanya , dan ketika seorang laki-laki diikuti oleh 40 wanita yang meminta perlindungan karena sedikitnya laki-laki dan banyaknya wanita" ( HR. Bukhari)

Maka beristri lebih dari satu tidak hanya merupakan solusi, jalan keluar,atau boleh tetapi lebih dari itu, merupakan kewajiban bagi laki - laki yang mampu secara materi, spritual, layak kawin dan berani berlaku adil untuk berbagi - bagi kepemimpinan dan kemampuannya kepada perempuan - perempuan lain yang membutuhkan kepemimpinannya, supaya menjadi khalifah di muka bumi dan memakmurkan bumi (tidak membuat kerusakan bumi) 

Rasulullah SAW telah menjelaskan keutamaan beristri lebih dari satu, sebagaimana diterangkan dalam hadist yang diriwayatkan Bukhari dari Zaid bin Zubair. Beliau berkata " Apakah engkau telah kawin ? Jawabku : " Belum". Lalu berkata beliau " Kawinlah karena sesungguhnya yang baik dari umatku adalah yang banyak kaum wanitanya " (HR Bukhari)

Ibnu Hajar mengatakan bahwa makna hadist di atas adalah , bahwa sebaik -baiknya umat Muhammad adalah orang yang banyak istri. Diriwayatkan dari Annas RA, bahwa ada sekelompok sahabat Nabi menanyakan kepada istri Nabi tentang amalan Nabi. Sebagian dari mereka berkata bahwa dirinya tidak akan makan daging, sebagian lagi tidak akan tidur dan sebahagian lagi menanyakan bahwa dirinya tidak akan menikahi wanita

Ketika Nabi SAW mengetahui hal itu, beliau bersabda; " Siapakah yang berkata begini begitu sedangkan aku ini adalah shalat dan tidur, berpuasa dan juga berbuka serta MENIKAHI WANITA, maka siapa yang tidak mengikuti sunnahku bukan golonganku (Diriwayatkan Bukhari dan Muslim)
Sunnah di sini pengertiannya, bila dikerjkan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan bukan berarti " tidak apa - apa " tetapi MERUGI, bisa dikategorikan bukan golongan Rasullullah. Maka Rasulullah sebagai uswatun hasanah 

" Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu SURI TELADAN yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah (Al- Ahzab / 33 : 21) " 

katakanlah : " Jika kamu (benar - benar ) mencintai Allah,IKUTILAH AKU, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu"Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ( Ali- Imran / 3 : 31)"
Jadi seseorang yang ingin mengharap rahmat, kedatangan hari akhir, mendapat kasih sayang dan diampuni dosa - dosanya tentu harus melakukan, menjalankan, mengerjakan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW salah satunya adalah menikah lebih dari satu (poligami) 
Hadist lain menyebutkan , bahwa Rasulullah SAW, bersabda :
" Perkawinan adalah sunnahku. Barang siapa tidak mengerjakan sunnahku, maka bukanlah umatku, sesungguhnya aku akan berbangga akan jumlahmu yang banyak pada hari kiamat nanti"
Hadist tersebut di atas, jelas menunjukkan kesempurnaan orang yang menikahi dan memiliki lebih dari satu istri.

Jadi setiap laki-laki muslim yang mampu secara material, spritual, layak kawin dan berani berlaku adil sebaiknya mau membagi kemampuan dan kepemimpinannya kepada perempuan - perempuan lain yang mebutuhkan kepemimpinannya, sebab poligami yang dilakukan adalah wujud dari tanggung jawab sosial (keshalehan sosial). 

Keunggulan laki laki atas wanita bukan berarti Allah tidak adil terhadap wanita. Bahkan diriwayatkan sebelum diturunkannya ayat : " ar-rijalu qawwamuna ala an-nisa' " (QS.An -Nisa :33), bahwa ada seorang pria yang mencaci maki isterinya, lalu wanita itu mendatangi Nabi SAW. dan menceritakan masalahnya dan suaminya, tapi yang turun QS.Toha: 114 yang artinya : " dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al Qur'an sebelum disempurnakan pewahyuannya kepadamu", dan setelah itu baru turun : " ar-Rijalu qawwamuna ala nisa' ". Menangkap kejadian ini, Ibnu Abbas dalam suatu riwayat, menceritakan bahwa runtutan ayat tentang keunggulan al-qur'an lalu disusul ayat yang menyatakan keunggulan pria, kemungkinan adanya suatu keistimewaan seorang pria dibanding wanita, seperti keunggulan dalam hal ri'asah atau kepemimpinan.

Sehingga orang yang mampu memenej istri lebih dari satu, berarti keadaannya lebih baik daripada muslim yang memiliki istri satu, dan lebih dari itu yang dapat memenej perasaan istri - istrinya. Jadi seorang muslim yang baik adalah yang mampu memimpin dan membimbing beberapa istri, sehingga dapat membangun keluarga besar muslim yang dibanggakan Allah, karena manusia yang baik adalah yang berguna bagi orang banyak.

Jadi orang - orang yang berbahagia dunia akhirat adalah orang - orang yang mempunyai banyak istri dan anak yang bisa menyejukkan hati, dan menjadi pemimpin bagi orang yang bertaqwa (amin) 
"Dan orang - orang yang berkata, Ya tuhan kami anugerahkanlah kepada kami, istri - istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami). Dan jadikanlah kami imam bagi orang - orang yang bertaqwa" (QS Al - Furqan : 25/74)

Perlu kita renungkan dan hayati ungkapan, harapan dan permintaan sejumlah wanita Jerman, pada suatu masa tertentu kepada pemerintahnya supaya mewajibkan bagi laki-laki untuk beristri lebih dari satu. Memang keadaan ketika itu adalah pasca Perang Dunia II, di mana akibat peperangan banyak laki-laki yang terbunuh. Tetapi pertanyaannya, apakah cetusan hati nurani yang paling dalam (fithrah) itu harus menunggu sampai kondisi darurat itu terjadi ? Lalu, masihkah hanya untuk dan atas nama " keadilan" semu, yang lau dikemukakan tidak mungkin dapat dilakukan dalam pelaksanaan poligami ? Kemudian kita kesampingkan ayat-ayat Allah SWT. Wallahu ‘alam bishawab.

Oleh : Puspo Wardoyo

sumber : poligamiindonesia.com



read more “HUKUM POLIGAMI...?”

Kisah Seorang Ibu yang Buta Sebelah Mata

Ibuku hanya punya satu mata, aku benci dia… dia begitu memalukanku. Dia memasak untuk murid dan guru guna mencukupi kebutuhan keluargaku. Suatu hari saat aku di sekolah dasar, ibu mendatangiku dan mengucap salam padaku, aku begitu malu saat itu, bagaimana dia bisa melakukan itu padaku di depan teman-temanku?! Aku abaikan dia dan melemparkan pandangan benci padanya sambil berlari. Esok harinya, salah seorang teman kelasku mengejekku dengan mengatakan ” Eeee, ibumu hanya punya satu mata…! ” Aku malu sekali dan ingin mati rasanya, aku juga ingin ibuku pergi dari kehidupanku. Aku bertengkar hebat dengan ibuku dan kukatakan padanya kalau ibu hanya jadi sumber bahan tertawaaan teman-temanku, mengapa ibu tak mati sa ! Ibu tak menjawab … !!!

Ibuku hanya punya satu mata, aku benci dia… dia begitu memalukanku. Dia memasak untuk murid dan guru guna mencukupi kebutuhan keluargaku. Suatu hari saat aku di sekolah dasar, ibu mendatangiku dan mengucap salam padaku, aku begitu malu saat itu, bagaimana dia bisa melakukan itu padaku di depan teman-temanku?! Aku abaikan dia dan melemparkan pandangan benci padanya sambil berlari. Esok harinya, salah seorang teman kelasku mengejekku dengan mengatakan ” Eeee, ibumu hanya punya satu mata…! ” Aku malu sekali dan ingin mati rasanya, aku juga ingin ibuku pergi dari kehidupanku. Aku bertengkar hebat dengan ibuku dan kukatakan padanya kalau ibu hanya jadi sumber bahan tertawaaan teman-temanku, mengapa ibu tak mati sa ! Ibu tak menjawab … !!!

Aku sama sekali tak mau berpikir tentang apa yang kukatakan , karena aku sangat marah padanya, aku tak perdulikan apapun perasaan dia, aku ingin keluar dari rumah itu … !! jadi aku belajar dengan keras agar aku mendapat kesempatan belajar di luar negeri, kemudian aku menikah, ku beli rumah. Aku punya anak dan aku hidup bahagia.

Suatu waktu ibu mengunjungiku. Dia bertahun-tahun tak melihatku dan bahkan belum pernah bertemu cucu-cucunya. Ketika ibu berdiri di depan pintu, anak-anakku mentertawakannya. Aku berteriak padanya ” Betapa beraninya kamu datang kerumahku, dan menakut-nakuti anakku. PERGI DARI SINI SEKARANG !! ” Ibuku menjawab perlahan ” Maaf… saya salah alamat “. Dan diapun pergi.

Suatu waktu, ada undangan reuni di kirimkan ke rumahku, jadi aku berbohong pada istriku, ku katakan bahwa aku ada tugas ke luar kota. Usai reuni, aku mampir kekampungku untuk sekedar rasa ingin tahu. Salah seorang tetanggaku mengatakan bahwa ibuku telah meninggal dunia. Aku tak terharu atau meneteskan air mata … ! Tetanggaku itu menyerahkan sepucuk surat dari ibu untukku.

"Anakku tersayang, aku memikirkanmu setiap waktu. Maafkan aku datang ke rumahmu dan membuat takut anak-anakmu. Aku sangat gembira ketika ku dengar kau akan datang ke reuni, tapi sayangnya aku tak bisa bangkit dari tempat tidur untuk melihatmu. Maafkan aku yang membuat malu saat kita masih bersama. Ketahuilah anakku…. ketika kau masih kecil, kau mengalami kecelakaan yang membuatmu kehilangan matamu. Sebagai ibu, aku tak bisa berdiam diri membiarkanmu tumbuh dengan satu mata saja, jadi aku berikan satu mataku padamu. Aku sangat bangga pada anakku yang telah memperlihatkanku dunia baru untukku di tempatku, dengan mata itu. Bersama Cintaku …. Ibumu ….."


Epilog

Kisah di atas, sengaja aku tulis kembali untukmu, sahabatku…kisah yang membuat bulu kudukku bergidik ngeri. Ngeri membayangkan seorang ibu yang didurhakai anaknya sendiri, anak yang pernah dikandungnya sembilan bulan, anak yang telah rela membuat dirinya memberikan sebelah matanya hanya untuk kebehagiaan anaknya. Ah, ibu…betapa mulianya jiwamu. Betapa agungnya cintamu. Jika kisah di atas adalah fakta, biarlah ia hanya terjadi sekali saja. Semoga bukan kita….

Maka, nun jauh di ujung timur pulau Madura sana, Ibuku masih setia menantiku dalam doa-doa panjangnya. Mengalirkan derap-derap dzikir pada helai angin. Malam-malam yang lelah selalu dilaluinya dengan tabah. Embun kian merembes basah. Dan ibu masih terpekur di atas sajadah, memandangku dengan tatapan resah….

Ah, Ibu…maafkan segala khilafku ….




read more “Kisah Seorang Ibu yang Buta Sebelah Mata”

PENGORBANAN

Ku berdoa atas bahagiamu
Walau hati ini menjerit
Dalam kesunyian malam semu

Dalam harapku
bahagiamu adalah nadi dan nafasku
Melihat senyum itu
Takkan bisa tergantikan
Dengan seribu bintang diawan

Setengah hati ini telah kau bawa pergi
Ingin rasanya kutarik kembali
Namun tak bisa..
Ku tak punya cukup kekuatan tuk melupakan
Ku tak punya keberanian tuk menghempaskan
Semua kenangan yang telah usang
Bagimu...dan tidak untukku...

Dalam langkahku
Kulihat engkau dr setiap sisi itu
Walau kutau semua telah berubah
Cinta ini tetap bersemayam disana
Mengapa masih ada ruang dalam batin yang selalu tersiksa...

Dalam impianku
Sesekali ku ingin menatap tajam matamu
Memeluk erat tubuhmu
dan mengatakan padamu
Akankah ini kan terulang kembali???

Pengorbananku untuk cinta
Memang tak berarti bagimu
Saat kau memandang ke arahku
Kutau mata itu bukan untukku
Hatimu telah berlalu

Tapi mengapa?? Mengapa sulit ku hilangkan harap ini
Mengapa berat ku terima semua kenyataan ini
Pintu yang dulu terbuka untukku
Kini telah menutup seiring berjalannya waktu
Dan bergantinya hari...

Akankah semua ini kan menjadi sebuah awal kebahagaian
Dari pahitnya pengobananan???



read more “PENGORBANAN”

Global Positioning System

Global Positioning System (GPS) is the only satellite navigation system that works properly. This system uses 24 satellites that send signals to Earth Microwave. This signal is received by the recipient of the tool on the surface, and is used to determine position, speed, direction, and time. A system similar to the GPS anatara other Russian GLONASS, Galileo the European Union, India IRNSS.

This system was developed by the Department of Defense the United States, with the full name is NAVSTAR GPS (common mistake is that the NAVSTAR is an acronym, this is wrong, NAVSTAR is the name given by John Walsh, an important policy determination in the GPS). This collection of satel
lite managed by the 50th Space Wing Air Force United States. This system costs about U.S. $ 750 million per year, including the replacement of older satellites, and research and development.

Use Global Positioning System (GPS) 
Global Positioning System can work on the use of:

Military 
GPS is used for war purposes, such as guiding the direction bomb, or know where troops are. In this way we can know which friend is the opponent to avoid the wrong target, or menetukan troop movements.

Navigation 
GPS is also used as many instruments such as compass navigation. Several types of vehicles have been equipped with GPS tools for nivigasi, by adding a map, then can be used to guide driver, so the driver can find out where the lines should be chosen to achieve the desired goal.

Geographical Information System 
For GIS, GPS is often also involved in creating the map, such as measuring the distance the border, or as a reference measurement.

Vehicle tracking system 
Other uses GPS tracking is as vehicles, with car owners bamtuan GPS / fleet managers can know where there is only kendaraannya / asset movement is at this time.

The earthquake 
Even at this time, the GPS with high accuracy can be used to monitor the movement of land, the only ordenya mm per year. Monitoring the movement of land is useful to estimate the occurrence of the earthquake, the movement vulkanik or tektonik



read more “Global Positioning System”

Tuesday, February 10, 2009

BANYUATES


BANYUATES - Bila tidak ada kendala teknis, proyek pembangunan fisik Waduk Nipah yang berlokasi di Desa Montor, Kecamatan Banyuates bakal selesai Agustus mendatang. Informasi ini, disampaikan Camat Banyuates Sudarmanto saat membuka resmi acara Kumpul Bareng Bersama Kepala Desa (Kades) se Banyuates di Pendapa Graha Bhakti Praja, kemarin. FISIK WADUK NIPAH CAPAI 95%

BANYUATES - Bila tidak ada kendala teknis, proyek pembangunan fisik Waduk Nipah yang berlokasi di Desa Montor, Kecamatan Banyuates bakal selesai Agustus mendatang. Informasi ini, disampaikan Camat Banyuates Sudarmanto saat membuka resmi acara Kumpul Bareng Bersama Kepala Desa (Kades) se Banyuates di Pendapa Graha Bhakti Praja, kemarin.

“Itu, jika tidak terganjal hal lain. Pasalnya, saat ini pembangunan fisiknya sudah mencapai sekitar 95 persen,” aku Sudarmanto. Disebutkan, saat ini tinggal finishing dan menutup serta mengisi air waduk guna dibendung.

Namun demikian, lanjut dia, masih ada beberapa pekerjaan lanjutan yang harus dilakukan guna menyempurnakan pembangunan proyek fisik Waduk Nipah. Kegiatan pembangunan fisik lanjutan tersebut adalah, membangun saluran primer dan dan sekunder. “Dan pembangunan saluran ini merupakan tanggungjawab penuh pemkab setempat,” katanya.

Lalu, kapan akan dilakukan penutupan dan pengisian air waduk? Menanggapi pertanyaan tersebut, Sudarmanto belum bisa memastikan. Pasalnya, pengisian air ke waduk harus menunggu ijin dan sertifikasi pengisian dari Menteri Pekerjaan Umum (PU) RI. “Informasinya, Bapak Manteri PU bisa menerbitkan izin jika pembebasan tanah di genangan waduk sudah selesai,” ungkapnya.

Mantan camat Pangarengan ini menambahkan, sampai saat ini ada sekitar 10 hektar tanah di daerah genangan waduk yang belum dibebaskan. Itu, diperkuat laporan dari konsultas proyek. “Saat ini, sedang dilakukan negoisasi. Doakan saja, dalam waktu dekat sudah ada kesepakatan,” katanya.

Dijelaskan juga, Waduk Nipah nantinya diprediksi bisa mengairi sawah penduduk seluas sekitar 1.150 hektar. Waduk yang memiliki tinggi 22.50 meter dengan panjang bendungan sekitar 110.85 meter tersebut, nantinya diperkirakan bisa menampung sekitar 6.16 juta meter kubik. “Tapi daya tampung efektifnya hanya sekitar 5.04 juta meter kubik,” terangnya.

Sekedar diketahui, guna menyerap aspirasi masyarakat Banyuates, pihak kecamatan selalu rutin menggelar Kumpul Bareng dengan 20 kades yang tergabung dalam Ikatan Kepala Desa (IKASA) Banyuates. Acara yang berisi paparan tentang program pembangunan dan pemerintahan tersebut, didukung Radar Madura dan dihadiri Kabiro Radar Sampang A. Mulki Fawi Putra.




read more “BANYUATES”

Saturday, February 7, 2009

my gallery







read more “my gallery”

Pilgub Madura

Polwil Kerahkan 2.000 Personel di Lapangan 



Memasuki H-2 Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, Kapolwil Madura Kombes Pol Suro Jouhari turun ke bawah. Dia mengecek kesiapan pelaksanaan pilgub. Khususnya logistik dan kesiagaan pasukan pengamanan di lapangan.

"Saya ingin melihat secara langsung kesiapan logistik di daerah. Alhamdulillah, semuanya (logistik, Red) sudah siap di kecamatan-kecamatan,"

Menurut Suro, pelaksanaan pilgub tidak ada kendala. Alasannya, logistik pilgub tinggal didistribusikan ke TPS-TPS. Selain itu, kondisi wilayah dinyatakan aman terkendali.

Mengenai titik-titik rawan saat coblosan pada 23 Juli, pemegang tongkat komando Polwil Madura ini menyatakan belum ada. Bahkan, dia optimistis pelaksanaan pilgub di wilayah Madura berjalan lancar. "Madura aman. Tidak ada kerawanan (pilkada)," tandasnya.

Meski demikian, polwil tidak mau kecolongan. Karena itu, Kapowil telah menggeser pasukan (serpas) untuk pengamanan di lapangan. Khusus Madura, dari 3 ribu personel yang telah disiagakan, 2 ribu personel diantaranya disebar ke lapangan. Baik pengamanan TPS maupun kegiatan rutin lainnya.

Disinggung munculnya gambar pasangan calon yang di atasnya ada gambar salib, Suro menilai hal tersebut tidak berpengaruh bagi masyarakat Madura. "Sejauh ini tidak ada unsur adu domba. Masyarakat tidak terpengaruh," tegasnya.

Sekadar diketahui, Suro sidak ke wilayah Madura naik helikopter. Saat berkunjung ke Bangkalan, heli yang ditumpangi Kapolwil direncanakan mendarat di Alun-Alun Utara. Sehingga, petugas menyiapkan helipad dan balon udara.

Hanya, pilot heli tidak berani mendarat di Alun-Alun Utara karena kondisi tidak memungkinkan. Sementara Bupati Fuad, Dandim 0829 Letkol Inf Saptono Adi Birowo, dan Kapolres AKBP Drs Aris Purnomo sudah siap di Alun-Alun Utara. Ternyata, pendaratan heli dialihkan ke stadion.

Sementara itu, untuk mengetahui kesiapan personel yang diterjunkan pilgub, besok, Polres Sampang menggelar apel kesiapan di halaman mapolres. Selain mengecek jumlah personel, Kapolres Sampang AKBP H Yudi Sumartono bersama Wakapolres Kompol Suwarno mengecek kesiapan senjata api (senpi) beserta asesoris yang akan digunakan anggotanya.

Berdasarkan pantauan koran ini, sedikitnya 351 pucuk senpi yang dicek Kapolres. Antara lain, senjata laras panjang Sabhara V2 sebanyak 30 unit, pistol pelontar gas 2 unit, Gasgun Super-7 sekitar 64 unit, senapan pelontar gas tabung 5 unit, mirror detection 4 unit, pistol revolver 246 unit, dan senapan laras pendek Meadzen 4 unit. 

Selain itu perwira lulusan Akpol 1989 ini mengecek kondisi 5 unit masker dan alat pemadam kebakaran 5 unit. Tak luput diperiksa 10 unit kendaraan roda dua dan 4 unit kendaraan roda empat.

Sebelum mengecek personel dan senpi, Kapolres melepas 311 anggotanya ke masing-masing Kapolsek di 14 kecamatan se Kabupaten Sampang. "Setelah saya serahkan ke Kapolsek jajaran, besok (hari ini, Red) mereka akan langsung disiagakan ke semua tempat pemungutan suara (TPS) se Kabupaten Sampang," ujarnya.

Agar pelayanan kepada publik tidak terganggu, pihaknya juga menyiagakan sedikit tiga peleton atau sekitar 102 personel on call. Ratusan petugas itu berasal dari dalmas polres, dalmas Polwil Madura, dan Brimob Polda Jatim. "Tugas mereka menjaga kamtibmas di semua penjuru kota. Termasuk, kantor dinas/instansi milik pemkab maupun swasta," terangnya.

Kapolres mengajak masyarakat proaktif membantu tugas polisi untuk menyukseskan Pilgub Jatim. "Tanpa dukungan dan kerjasama dari masyarakat, tugas pengamanan yang kami lakukan tidak akan maksimal
sumber : info pilgup



read more “Pilgub Madura”