Tuesday, January 6, 2009

Mengawasi aplikasi terus-menerus

Jika hanya ada satu aplikasi yang dijalankan, dengan mudah Anda dapat mengidentifikasi sumber masalah. Namun, siapa yang puas dengan satu aplikasi jika Windows menguasai multi-tasking? 

Menggunakan detektif Windows: Sebagian besar kesalahan timbul akibat adanya interaksi antara beberapa program, sehingga sulit ditemukan. Untuk itu, Windows menyediakan dua anjing pelacak yang sangat rajin dalam membantu mencari kesalahan, yaitu Dr. Watson dan Event-Viewer. 

Untuk menjalankan Dr. Watson, klik “Start | Run” dan ketikkan perintah ini.

drwtsn32

Dalam setting defaultnya, tool ini bekerja di latar belakang. Jika terjadi kesalahan dalam sebuah aplikasi, Dr. Watson akan membuat sebuah file log. Catatan dalam file log ini sukar dimengerti dan sebenarnya dirancang bagi pengembang. Namun demikian, setidaknya Anda dapat memperoleh nama dari biang keladinya. 

Jika Anda selalu memiliki masalah dengan suatu aplikasi, aktifkan 'Visual notification'. Dengan pilihan ini, Anda akan langsung mengetahui ketika Dr. Watson membuat file log. 

Event-Viewer terdapat di dalam Windows Computer Administration. Tool ini mengawasi semua yang terjadi di dalam Windows, termasuk aplikasi yang sedang berjalan. Untuk mengaktifkannya, ketikkan perintah berikut.

Eventvwr.msc

Klik 'Application' dalam jendela 'Event-Viewer'. Cari sebuah icon peringatan berwarna merah dengan catatan 'Error' dalam tabel. Klik kanan pada icon dan buka 'Properties'. Di bawah 'Description' dapat Anda baca program mana yang menyebabkan crash.




0 comments:

Post a Comment