Tuesday, January 6, 2009

Mencari kesalahan dalam jaringan

Administrator yang cermat akan menyamakan versi Windows yang digunakan pada semua PC jaringan. Sayangnya, kecermatan seperti ini sangat langka. Berbagai versi program pada versi Windows yang berbeda berpotensi menyulitkan pencarian kesalahan dalam jaringan. 

Memeriksa semua aplikasi: Download 'Application Compatibility Analyzer' dari http://www.microsoft.com/windows/appcompatibility/analyzer.mspx. Setelah selesai men-download dan menginstalasi file Setup.exe, jalankan Windows Explorer. Masuk ke direktori 'C:\Program Files\ Microsoft Windows Application Compatibility Toolkit\Collector'. Jalankan file collector.exe dengan mengklik ganda. Ia akan membuat sebuah file CAB pada desktop yang berisi semua informasi penting untuk program analisa sebenarnya.

Setelah Collector menyelesaikan tugasnya, jalankan Compatibility Analyzer melalui menu Start—atau dengan mengklik ganda file analyzer.exe. Pertama, klik 'Create New Database'. Tool akan menawarkan penyimpanan data dalam bentuk database Access atau SQL. Jika Anda tidak memiliki keduanya, pilih saja ‘Access’ agar Anda tetap dapat melihatnya dalam Analyzer melalui menu 'Open Existing Database'.

Dalam jendela berikutnya, klik 'Add' dan pilih desktop jika file CAB yang tadi masih ada di sana. Jawab pertanyaan selanjutnya dengan 'No', klik 'Continue', dan 'Start'. Setelah itu, akan tampak hasil analisa. Aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi Windows Anda akan ditandai dengan palang merah. Singkirkan saja aplikasi tersebut.




0 comments:

Post a Comment