Saturday, October 25, 2008

Windows Kembali Semula

Jika Windows Anda error dan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya atau terkena virus yang tidak bisa dihilangkan, apa yang akan Anda lakukan? sebagian orang mungkin akan menjawab ” install ulang aja windowsnya, beres….!!!, tapi dengan menginstall ulang windows, program - program dan aplikasinya harus diinstall ulang juga, selain itu juga memerlukan waktu yang cukup lama.


Sebenarnya ada cara lain mengembalikan windows Anda seperti semula, caranya dengan memanfaatkan windows PE ( Preinstallation Environment ) dan sebuah aplikasi yang bernama Northon Ghost. windows PE ini adalah sebuah operating system yang diload dari CD, bukan dari Hardisk, seperti Windows XP atau sejenisnya. cara menggunakannya? saya akan coba jelaskan pada tulisan ini.

Awalnya jika Anda baru saja menginstall ulang windows semua driver telah terinstall aplikasi yang anda butuhkan juga telah terinstall,buat ” Ghost ” dari windows anda, caranya, masukkan Cd windows PE dan boot dari CD.

Langkah - langkah membuat Ghost dari windows Anda
1. Klik Star -> Program -> Norton Ghost -> Norton Ghost Corporate
2. Pilih Load -> Partition -> To Image
3. Pilih Harddisk dimana anda menginstall windows ( Jika terdapat lebih dari satu Hard disk )
4. Pilih Partisi dimana Anda menginstall windows
5. Pilih tempat penyimpanan file ” Ghost ” di partisi yang Anda pilih.di Harddisk eksternal juga
bisa.
6. Berinama File tersebut terserah Anda. ekstensi dari file tersebut adalah GHO, misalnya H2-
Plain.GHO, atau H2- Full.GHO, terserah Anda.
7. Save -> High, ( agar pengompresan partisi menjadi GHO lebih baik )


Tunggu sampai proses tersebut selesai, lamanya tergantung besar File - file yang terdapat pada partisi Windows XP Anda, semakin besar, semakin lama tentunya, Jika telah selesai Quit, lalu restart komputer seperti biasa,. Simpan file berextensi Ghost ini karena Jika windows anda rusak atau Error, fila ini dapat dimanfaatkan. caranya dengan memanfaatkan Windows Pe dan Norton Ghost lagi.

Langkah - langkahnya sama seperti ketika membuat file “Ghost” di atas, bedaya ketika menjalankan Norton Ghost pilih Load -> partition -> From Image, pilih File “Ghost” yang dulu anda simpan, lalu pilih partisi dimana Anda menginstall Windows, maka FIle - file Ghost tersebut akan “Diekstrak” dan direstore kepartisi windows anda sehingga partisi tersebut akan kembali seperti ketika Anda membuat File “Ghost” tersebut windows anda telah terinstall driver - driver, Office, firefox, dan Yahoo Messenger. Maka ketika Anda merestore file “Ghost” tersebut, pada windows anda telah terinstall driver - driver, Office, firefox, tidak kurang tidak lebih ( jika proses pembuatan dan perestore- an file ” ghost ” berjalan sempurna ). setelah proses perestore- an selesai, restart dan Boot komputer anda dari Harddisk lagi, Insya Allah Windows Akan berjalan seperti sediakala.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment